3 Hal Yang Harus Dipersiapkan Untuk Menghindari Virus Corona Covid

Cuci tangan dapat mengikuti langkah yang disosialisasikan Kementrian Kesehatan yaitu cuci tangan selama duapuluh detik dengan menggunakan sabun. Bahkan untuk kamu yang masih muda dan tidak memiliki faktor risiko apa pun, jangan keluar rumah kalau tidak perlu. Bahkan orang yang hanya menunjukkan gejala ringan dapat menularkan virus corona ke banyak orang, terutama pada awal infeksi, bahkan sebelum mereka menyadari bahwa mereka sakit. Jadi, kamu dapat menjaga rantai infeksi pada keluarga yang lebih tua atau berisiko tinggi. Kamu juga dapat berkontribusi pada jumlah orang yang terinfeksi dan menyebabkan pandemi berkembang pesat. Apabila sedang sakit, sebaiknya menerapkan etika batuk dan bersin, yakni menjauhi keramaian, serta menutup mulut dan hidung menggunakan tisu atau lipatan siku.

Rekayasa administrasi dapat berupa pembatasan jumlah orang, pengaturan jadwal, dan sebagainya. Memakai masker menjadi salah satu cara efektif untuk mencegah penularan virus penyebab COVID-19. Efektivitas memakai masker dengan baik dan benar dapat menekan peluang penularan 50-80%. Setiap individu diwajibkan untuk memakai masker selama masa pandemi. Penggunaan masker dengan tepat perlu memperhatikan beberapa hal.

Menghindari Covid

Selalu perhatikan jarak fisik dengan orang lain yakni minimal 1 meter. Langkah ini dapat diterapkan saat berada di tempat umum ataupun saat di luar rumah guna menangkal virus masuk ke dalam tubuh dan menyebabkan masalah kesehatan yang serius. Dengan menjaga jarak fisik dari orang lain, hal ini dapat mencegah virus menyebar dari satu orang ke orang yang lain.

“Kalau kami di lapangan menambah satu lagi 4M yaitu menghindari kerumunan. Kalau kita tidak sadar melakukannya, akibatnya tidak terjadi perubahan perilaku,” kata Ivan dalam siaran BNPB bertajuk Menerapkan Protokol Kesehatan Menjelang Liburan Akhir Tahun, Selasa (15/12). “Pendekatan keagaman kita lakukan secara terus menerus. Memang betul perintah agama rapatkan barisan, tapi di kondisi pandemi kita carikan alasan agama. Untuk bisa lakukan salat lebih renggang. Dalil sudah kita siapkan,” pungkas Azrul.

Yaitu, sebelum memakai masker, cuci tangan pakai sabun dan air mengalir, minimal 20 detik atau bila tidak tersedia, gunakan cairan pembersih tangan berbasis alkohol. Langkah pertama yang harus diperhatikan untuk menghindari penyebaran virus corona di rumah adalah membeli sabun dan disinfektan. Sebab, virus menyebar melalui droplet atau tetesan cairan dari batuk dan bersin orang yang terinfeksi virus. Nah, tetesan tersebut bisa jatuh di mana saja dan tangan akan jadi ‘perantara’ virus dari permukaan yang terkontaminasi lalu masuk ke tubuh.

Saat ini, vaksinasi Covid-19 dianggap dapat meringankan gejala jika sewaktu-waktu terinfeksi Covid-19. Vaksinasi juga berperan penting bagi mereka yang rentan terinfeksi Covid-19, seperti lansia dan orang yang dengan komorbid atau penyakit yang mendasari. Masker juga dapat digunakan ketika seseorang dalam kondisi yang kurang sehat. Sebab, masker dapat mengandung berbagai jenis kuman, bakteri, dan virus setelah dipakai.

Caranya adalah dengan meningkatkan imunitas atau sistem kekebalan tubuh terhadap berbagai virus termasuk virus corona covid-19. Beberapa cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan imunitas tubuh adalah dengan melakukan aktivitas fisik secara rutin dan mengonsumsi makanan sehat yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Meskipun begitu, para peneliti di seluruh dunia tetap terus mengupayakan serangkaian uji tes vaksin untuk menekan laju penyebaran virus corona COVID-19. Secara teoritis virus itu dapat bertahan selama tiga jam dalam tetesan cairan yang ada di udara, dapat ditularkan melalui permukaan yang terkontaminasi, dan mudah menyebar melalui droplet batuk dan bersin.

indari interaksi fisik dekat dengan orang yang memiliki gejala sakit. Cuci tangan dengan air mengalir dan sabun antiseptik selama minimal 20 detik. Untuk meningkatkan daya tahan tubuh, selalu pastikan konsumsi suplemen kesehatan yang tepat. Suplemen tersebut mampu memberikan asupan vitamin dan kandungan lain untuk meningkatkan imunitas tubuh. Selalu tetap bersikap tenang dan tidak sampai memiliki ketakutan berlebihan atas virus corona. Namun dengan tetap tenang dan melakukan sejumlah tingkat pencegahan, yakinlah bahwa semuanya akan baik-baik saja.

Lebih lanjut, petugas yang membersihkan matras Anda juga akan menggunakan sanitasi alami yang menghambat pertumbuhan tungau dan bakteri. Hasilnya, matras jadi lebih bersih, higienis, dan alergi berkurang. Pastikan para lansia sadar pentingnya menyimpan persediaan makanan dan obat-obatan untuk waktu yang lebih lama daripada biasanya. Bantu mereka yang memiliki keterbatasan gerak untuk berbelanja persediaan ini. Pertimbangkan buddy scheme, yaitu membagi komunitas menjadi kelompok-kelompok kecil atau berpasang-pasangan. Setiap kelompok/pasangan diminta untuk mengatur jadwal untuk saling menelpon.

Maka, kertas itu sebaiknya langsung kamu buang saat tiba di rumah. Cari ini dilakukan agar mencegah penyebaran virus Covid-19 di rumah melalui struk atau kertas-kerta yang kita dapat di luar. Selain struk belanjaan, kamu juga bisa membuang barang lainnya yang kamu dapat dari luar, jika kamu merasa barang tersebut sudah tidak diperlukan atau tidak penting lagi. Berdasarkan hasil sensus dari BPS, Provinsi Bengkulu mempunyai 1.514 kelurahan/desa dan 1.341 (88,57%) adalah desa, sehingga desa perlu diperhatikan secara khusus oleh pemprov dan pemkab dalam pencegahan penyebaran Covid-19.