Knowledge Riset

Untuk dapat melakukan kuliah on-line, para mahasiswa harus memiliki perangkat dan jaringan yang memadai. Belakangan ini dunia pendidikan tengah menjadi sorotan serta perbincangan hangat dikalangan masyarakat pasalnya mengalami kevakuman untuk sementara waktu akibat wabah virus corona yang mendunia. Beberapa maklumat pun dikeluarkan guna mencegah penyebaran virus yang tengah menyerang negara Indonesia selama beberapa waktu terakhir. Program Studi Akuntansi Universitas Pembangunan Jaya ini akan membekali mahasiswa untuk memiliki kemampuan menyusun dan menganalisa laporan keuangan. Keunikan dari program ini merupakan mahasiswa mampu menerapkan ilmu Akuntansi Lingkungan serta Financial Modelling terkait bidang akuntansi. Beberapa Fakultas yang ada di UMHT antara lain Fakultas Kesehatan, Fakultas Komputer, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, serta Fakultas Ekonomi.

Lantas, berapa biaya yang umumnya dikeluarkan oleh mahasiswa untuk kuliah online? Sebanyak 73,3% responden mengaku tidak mengeluarkan biaya sepeserpun untuk mengikuti kegiatan e-learning di luar kewajiban kampus. Sebanyak 21,9% responden lain mengeluarkan dana kurang dari Rp 250 ribu, 3,8% lainnya Rp 250 hingga Rp 500 ribu, dan sisanya adalah Rp 500 ribu ke atas.

Kuliah Online

Pengalaman lain datang dari mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Multimedia Nusantara, Michael Angelo. Sejak 16 Maret 2020 lalu, Michael mengaku menjalani masa perkuliahan secara PJJ. Tak hanya kegiatan belajar mengajar, masa magang, sidang magang, hingga bimbingan skripsi dilakukannya secara daring dengan aplikasi Zoom yang disediakan kampus. Karina, mahasiswi Ilmu Komunikasi Undip angkatan 2019 merasakan campur aduk antara senang dan sedih dengan keputusan kuliah daring hingga akhir tahun. Ia mengaku merasa sedih karena banyaknya kendala dan perkuliahan yang tidak semaksimal kuliah tatap muka, dan senang karena tidak dipaksakan masuk ke kampus saat kondisi belum membaik sepenuhnya. “Inilah kenyamanan dari kuliah online, bisa belajar secara anytime, anyplace, and anyplace .

Dengan kata lain, menulis merupakan sebuah proses yang panjang, tidak dapat diselesaikan dalam satu kali, namun proses ini perlu dipraktikan dan dilatih secara terus-menerus untuk memperoleh hasil yang optimum. Merdeka belajar yg diinisiasi oleh Bpk Nadiem Makarim, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI salah satunya mencakup ttg penyederhanaan RPP yg disusun dlm 1 halaman. Penyederhanaan RPP dalam mapel PJOK merupakan salah satu hal yg urgen agar apa yg direncanakan dapat diimplementasikan dan dievaluasi secara berkelanjutan.

Sudah kuta ketahui bersama bahwa biaya hidup untuk kuliah lebih tinggi dari pada biaya kuliah itu sendiri, dan inilah yang menjadi sebab saudara saudara kita dengan penghasilan pas pasan tidak dapat kuliah dan bersaing. Yanng menjadi pertanyaan kita sampai kapan saudara saudara kita yg hidup sebagai kuli bangunan, penjual asongan dan mereka yang hidup dengan ekonomi pas pasan dapat menempuh pendidikan yang lebih tinnggi bila demikian???. Smg pak mas menteri bisa merealisasikan dan menfasilitasi kuliah online, sekaligus bisa di permanenkan dengan perencanaan yang matang. E learning merupakan salah satu media pembelajaran yang saat ini sangat membantu mahasiswa terutama saya dalam kegiatan belajar mengajar. Apalagi dengan kondisi yang mengharuskan segala perkuliahan dilakukan secara online atau daring.

Meskipun kamu memiliki jadwal yang padat karena bekerja, bukan berarti hal tersebut menjadi alasan untuk tidak melanjutkan pendidikan. Percaya atau tidak, mau sesukses apapun kamu dalam berkarir, tingkat pendidikan akan tetap menjadi bahan pertimbangan ketika di masa depan nanti. Selain itu, untuk dapat melakukan perkuliah secara bertatap muka dengan dosen mereka pun juga harus terbiasa menggunakan teknologi seperti webinar, podcast, social networking, dan lain-lain. Dengan mencatat materi akan membuat kamu lebih fokus mendengarkan penjelasan dosen. Kemungkinan besar kamu juga akan menemukan poin-poin yang ternyata kurang dipahami dan memiliki waktu untuk mencari penjelasannya di Google atau bertanya pada saat sesi tanya jawab. Siapkangadget dan koneksi web yang sepadan dengan jumlah aplikasi yang harus kamu unduh untuk memenuhi standar pembelajaran.