Kuliah Online Tetap Seru Dan Produktif Pakai Cara Ini

Pengalaman Rara dalam dua hari pertama kuliah daring, dia menghabiskan sekitar 1 gigabyte untuk setiap mata kuliah. Sebagai mahasiswa S1, dia bisa mengikuti tiga mata kuliah dalam sehari. Saat ini kita berada di tengah pandemi COVID-19 yang merupakan virus baru dan penyakit menular yang baru ditemukan, awal mulanya yakni terjadi di Wuhan Tiongkok, bulan Desember 2019. Untuk mencegah dan mengantisipasi penyebaran virus ini instansi pendidikan mengeluarkan kebijakan terkait perkuliahan dengan mengeluarkan imbauan untuk melaksanakan alternatif pembelajaran secara on-line. Kuliah online mulai diterapkan di berbagai kampus di Indonesia tidak terkecuali di Universitas Internasional Semen Indonesia .

Menanggapi hal tersebut perlu dilakukan inovasi agar mahasiswa yang tinggal di pelosok bisa diberi fasilitas agar bisa mengikuti perkuliahan dengan lebih efektif, tambahnya. Semua dosen memiliki harapan yang sama agar kegiatan belajar mengajar ini dapat berjalan lancar meski dilakukan secara on-line. “Sedangkan dari sisi pembelajaran dosen memerlukan lebih banyak waktu untuk mengemas materi perkuliahan, apalagi pelajaran yang saya ajarkan kebanyakan hitungan”, tambah bu Puji. Universitas Bina Nusantara atau yang lebih dikenal dengan sebutan Binus menyelenggarakan program kuliah on-line untuk lulusan SMA / SMK dan lulusan D3 yang ingin melanjutkan pendidikan tinggi ke jenjang S1. Dalam program kuliah on-line ini, setiap mahasiswa tetap ada pertemuan belajar mengajar di kelas hanya untuk membahas kasus, diskusi materi kuliah, dan mengikuti ujian tertulis. Dengan adanya program kuliah on-line Binus, mahasiswa dapat merasakan metode pembelajaran yang tak terbatas oleh waktu dan tempat dan materi kuliahnya pun juga terbatas sehingga dapat menghasilkan pembelajaran yang berkualitas.

Kuliah Online

Sebab, keaktifanmu dalam mengikuti kelas kuliahonlinejuga termasuk ke dalam perhitungan IP. Menurut Nasir, dunia pendidikan harus menjadikan metode ini sebagai alat untuk mendongkrak pendidikan Indonesia yang lebih maju. Dapatkan newsletter Hotcourses berisi informasi universitas dan beasiswa serta suggestions berguna langsung di inbox kamu. Solusi belajar dengan materi berkualitas & super trainer untuk membantu persoalan belajar khususnya untuk persiapan UN dan SBMPTN. Kurikulum yang digunakan disesuaikan dengan kebutuhan dan perkembangan bisnis khususnya dalam penguasaan ilmu Manajemen. Program ini akan membekali mahasiswa tentang manajemen, mulai dari keuangan, pemasaran hingga bisnis.

Mahasiswa pelaku kuliah online harus memiliki motivasi yang tinggi untuk selalu belajar, karena ketiadaan motivasi akan membuat kita tertinggal. “ITV ini semacam website yang berisi video-video terkait materi pembelajaran dalamproses perkuliahan. Nah, orang yang nggak suka baca buku, bisa buka ini untuk belajar,” lanjut Mas Bagus. Penggunaan undangan ditiadakan, karena sekolah yang memiliki NPSN dan memenuhi syarat SNMPTN dapat mengisi data tanpa perlu mendapat undangan. Pihak kampus berusaha secara optimal dalam mengupayakan mahasiswa masih tetap mendapatkan perkuliahan walaupun dalam kondisi pandemi.

Hal ini sangat membantu bagi mereka yang berencana untuk melanjutkan pendidikannya sambil tetap bekerja, karena terbentur dengan jadiwal pekerjaan. Pasalnya, penambahan tugas yang cukup banyak ini dirasa kurang memperhatikan well-being dan seringkali luput dari perhatian banyak pihak. “Kampus sebagai penyelanggaran pendidikan seyogianya bisa memberikan kebijakan alur penugasan yang ramah dan peduli terhadap kesehatan mental. Hal ini penting untuk tetep memastikan dan menjamin bahwa setiap orang tetep belajar dalam keadaan yang sehat baik fisik maupun mentalnya” terang Azhar ketika diwawancarai secara daring lewat platform Skype. Ahmad Syaathir Aziiz, salah satu mahasiswa program studi Pendidikan Ekonomi semester 4 mengaku kuliah online memang memiliki suasana belajar yang nyaman, santai, dan dapat dilakukan sambil tiduran di rumah.

Lantaran kampus ini terletak di kawasan atas, kampus ini juga tidak akan terkena banjir. Program Pascasarjana menyelenggarakan 9 program studi S3 dan 21 program studi S2. Fakultas Matematika & IPA menyelenggarakan thirteen program studi S1 dan 1 program studi D3. Fakultas Bahasa dan Seni menyelenggarakan 15 program studi S1 dan 1 program studi D3.